Pertama, katakan, “Aku adalah penulis.” Katakan itu dengan keras. Katakan pada diri Anda sendiri di depan cermin. Katakan pada keluarga dan teman Anda. Katakan pada orang yang Anda temui di pesta yang bertanya, “Apa pekerjaan Anda?” Katakan pada orang asing saat Anda menjumpai mereka Katakan pada ibumu. Katakan paling sering pada diri Anda sendiri, “Aku adalah penulis.”

Pilih satu tempat untuk menulis, ditempat yang selesa di mana Anda merasa nyaman, bukannya merasa terbeban. Jika Anda belum memiliki ruang seperti itu, maka buatlah. Pakai satu ruangan penuh atau sebagian dari ruangan sebagai tempat anda menulis. Sebelum membuat ruang tulisnya, Saat Anda ada di ruangan anda sendiri untuk menulis, bawalah serta lilin atau lampu, atau laptop, apa pun yang dapat membuat ruangan Anda menjadi unik. Buatlah senyaman mungkin.

Ambil alat-alat yang Anda perlukan. Hargai tulisan Anda dengan kertas atau agenda yang Anda suka. Beli pulpen berkualiti yang selalu Anda impi-impikan. Belilah komputer yang khusus untuk Anda sendiri dan mesin cetak yang bagus. Siapkan buku kamus, kamus yang berkualiti. Cari buku-buku berkualiti dan baca lah buku penulis itu.

Bergaul dengan penulis lain. Berinteraksilah dengan mereka. Surati seorang penulis yang bukunya Anda kagumi (bukan sebagai penggemar, tapi sebagai sesama penulis). Ikutilah seminarnya . Bergabunglah dengan kelompok penulis.

Membaca sebagai penulis. Belajar dari yang terbaik. Pelajari penulis favorit Anda, dan salin sebagian tulisannya untuk dapat merasakan ilmu nya dan gaya tulisannya. Pilah-lah kalimat, paragraf, dan bab yang ada di tulisannya untuk menemukan teknik dan rahasia menulisnya. Selain menulis, membaca tulisan yang bagus dan mungkin akan menjadi guru penulis yang terbaik.